BERITA, kegiatan di kota kalabahi

PEMBUKAAN MTQ & BAZAR PONPES CIJANTUNG 7 KALABAHI

MTsN KALABAHI – Ketua LPTQ Kabupaten Alor “Imran Duru S.Pd” membuka dengan resmi MTQ dan BAZAR PONPES CIJANTUNG 7 ditandai dengan pemukulan gong, Sabtu (16/05/2015).

Bertempat di halaman Pondok Pasantren Al-Qur’an Cijantung 7 Kalabahi, acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh duet beberapa santri terbaik Cijantung 7 yang bisa meramaikan MTQ tingkat provinsi NTT.

Kegiatan MTQ dan Bazar ini diikuti oleh 200 lebih peserta yang berasal dari santri cijantung 7 dan TPA/TPQ sekota kalabahi juga Alor Kecil, dengan 5 kategori lomba yaitu : lomba tartil, tilawah kanak – kanak, tilawah remaja, pildacil dan lomba Da’I Da’iah.

Pada kesempatan itu Ketua LPTQ yang juga sebagai wakil bupati kabupaten Alor memberika dukungan penuh pelaksanaan kegiatan ini, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa akan memberikan kepercayaan kepada pondok cijantung 7 kalabahi untuk melakukan seleksi dan pembinaan dan akan mendapat dukungan dana dari LPTQ baik mendatangkan pelatih dari jawa atau mengirim santri untuk pelatihan di jawa. Beliau menambahkan bahwa dengan pembinaan yang terus di genjot, qori’ qori’ah dari alor akan berprestasi di kancah nasional.

pada kesempatan itu juga camat kecamatan Teluk Mutiara “Ridwan Iho” menyampaikan dalam sambutannya bahwa pondok pesantren cijantung 7 sangat luar biasa, dapat menyelenggarakan 2 kegiatan secara bersamaan yang mana dua kegiata itu merupakan kegiatan aplikatif yang sesuai dengan program pemerintah yaitu pembinaan baca Al-Qur’an lewat MTQ dan peningkatan ekonomi produktif dengan Bazar, sehingga patut mendapat apresiatif dan dukungan dari pemerintah.

Kegiatan MTQ seperti ini memang baru pertama di gelar, biasanya hanya LPTQ yang mengadakan kegiatan seperti ini sesuai dengan program pemerintah daerah sampai tingakat nasional, apalagi di gandeng dengan Bazar sebagai pengembangan ekonomi masyarakat sekitar khususnya para santri sebagai tambahan pemasukan, kegiatan ini mendapat nilai plus dan patut menjadi gambaran pelaksanaan MTQ berikutnya.

Dalam sambutan nya Pimpinan Pondok Pasantren Cijantung 7 Kalabahi “Mukhtar Fatahudin Likur, SE” menyampaikan bahwa MTQ yang di gelar merupakan pelatihan bagi santri, baik melatih kemampuan tilawah juga mental sanri, khususnya santri yang baru dan belum terbiasa dengan panggung MTQ, sehingga pada pelaksanaan MTQ yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan muncul lagi bakat – bakat unggul yang mampu bersaing di tingkat provinsi. Mukhtar juga menambahkan “Alhamdulillah sejak di rintis dari tahun 2006 dengan jumlah santri 1 orang telah berkembang dan mampu melahirkan santri – santri terbaik yang dibutuhkan tidak saja di kabupaten Alor bahkan Provinsi juga sampai ke tanah jawa, dengan jumlah santri sekarang mencapai 300 orang.

Perlu juga di perhatikan bahwa setengah dari jumlah santri adalah siswa MTs Negeri Kalabahi, yang menambah jam belajar tilawahnya dari rutin di sekolah dengan aktiv belajar dan menjadi sanri di pondok pesantren cijantung 7 kalabahi.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat melahirkan juara terbaik dengan bakat – bakat unggul yang bakal berprestasi di MTQ. =(ZP)=

About MTsN KALABAHI

salah satu sekolah di kota kalabahi kabupaten alor yang terus berbenah dan merubah diri hingga prestasi yang terbaik...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikut di Twitter

klik suka ya….

%d blogger menyukai ini: