kegiatan di kota kalabahi, kegiatan siswa, Tulisan Siswa

AZIZAH BERBAGI CERITA SAAT MENGIKUTI KONFERDA

Sebelumnya, saya adalah Nur Azizah Indah Saputri, siswa kelas VII-A MTs Negeri Kalabahi, yang diberi kesempatan mewakili siswa – siswa MTsN Kalabahi untuk mengikuti kegiatan Konfrensi Anak Daerah tingkat Kabupaten Alor tahun 2015.

O iya… bagi teman – teman yang belum tau, Konferda sendiri adalah kegiatan yang bertujuan untuk melatih anak – anak Alor termasuk saya dan teman – teman agar memiliki kreatifitas, inovatif dan produktif serta berprestasi dan tidak di remehkan.

Nah kegiatan yang diadakan pada tanggal 23 april 2015 itu hadiri oleh Bapak Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan seluruh unsur terkait juga ketua DPRD kab. Alor, Ibu Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Bapak Kasdim 1622 Alor, Bapak Kapolres Alor, Komunitas Forum Anak Alor, dan siswa – siswi dari berbagai sekolah di kabupaten Alor.

Kegiatan yang seru itu dimulai dengan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Alor, Bapak Amon Djobo. kami semua peserta dan hadirin mengikutinya dengan tenang, sampai selesai.

Oke… selanjutnya adalah kegiatan inti ni teman – teman, setelah dibuka… kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi, wah… walaupun sedikit jenuh tapi sangat seruh sekali teman, banyak ilmu yang kita dapat, apalagi ditambah game -game menarik dan menantang.

Nah… materi – materi yang disosialisasikan diantaranya kesehatan reproduks (oleh:Ibu Rika), hubungan antara ibu dan anak (oleh: Ibu Ani), motivasi untuk menggapai cita – cita (oleh: Ibu Bupati), dan konvensi hak anak (oleh: Kak Isye).

oiya teman… sudah pernah bermain game yang satu ini..? ini game yang paling saya sukai saat mengikuti kegiatan itu, dalam game yang dipandu kakak – kakak senior Forum Anak Alor itu kita akan ditanyakan seputar pengalaman yang pernah kita rasakan, kemudian teman – teman yang lain memberikan tanggapan, manfaat serta pelajaran dari pengelaman tersebut, bisa pengalaman sedih, marah, menyenangkan dan lainnya, pokoknya seru deeeh….

setelah banyak belajar dalam ruangan waktunya kita jalan – jalan….. baiklah teman dalam momen jalan – jalan ini saya dan seluruh peserta diajak untuk berkunjung ke beberapa tempat, nah sudah pernah berkunjung ke museum seribu moko kan..? tempat yang pertama adalah museum seribu moko itu… disana kami dikenalkan pada beragam budaya dan sejarah alor, setelah puas melihat – lihat moka dan barang – barang adat lainnya, kami kemudian melanjutkan penjelajahan, heeeh kaya lagi pramuka saja….. oke teman selanjutnya kami langsung berkunjung ke stasiun radio kab. Alor, dan rumah internet, di sini juga tidak kalah serunya teman – teman…. kami mencoba menggunakan prangkat yang ada disana tentunya mengakses internet, dan ternyata internet itu menyenangkan juga ya… he he he he. oya kami juga di beri kesempatan untuk bersiaran di radio, wah kaya operator radio saja nih….

waduh cape juga, setelah jalan – jalan sambil bermain, perut sudah mulai demo, waktunya istirahat dan makaaan, kami pun kembali ke markas, ups… maksudnya tempat kegiatan untuk intirahat dan makan.

setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan…. nah ini… kegiatan puncaknya…. yaitu pemilihan 2 anak sebagai duta Alor untuk mewakili anak – anak alor dalam kegiatan KONFERDA lanjutan.

Sebenarnya saya tidak berani mencalonkan diri sebab lawan nya sangat berat – berat, apalagi mereka semua dari SMA/MA, tapi saya tidak menyerah, kalah kan belum tentu juga yang penting coba dulu siapa tau menang… hehehe

terkumpul 11 anak yang mencalonkan diri, setelah itu dipilih menjadi 6 anak yang terdiri dari 3 laki – laki dan 3 perempuan yang harus mengikuti beberapa tahap penilaian… seperti menyampaikan visi dan misi untuk anak alor, menunjutkan bakatnya, dan berpidato serta harus menjawab pertanyaan dari juri. yah sayang nya saya tidak terpilih…. sedih deh.

setelah melewati tahapan – tahapan itu, akhirnya terpilih 2 anak (laki – laki dan perempuan) yaitu Kak Tiwi dan Kak Ikhsan yang dua – duanya berasal dari SMAN 1 Kalabahi. mereka akan berangkat ke Kab. Sikka untuk mengikuti KONFERDA tingkat lanjutan.

walaupun tidak terpilih menjadi duta alor, saya sangat senang mengikuti kegiatan tersebut, ma’lum disamping dapat kaos dan uang transportasi yang paling penting bisa nambah ilmu dan bisa berkenalan dengan anak – anak alor dari daerah lain. wah….

Nah teman – teman mudah – mudahan bisa memberikan inspirasi ya….

About MTsN KALABAHI

salah satu sekolah di kota kalabahi kabupaten alor yang terus berbenah dan merubah diri hingga prestasi yang terbaik...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikut di Twitter

klik suka ya….

%d blogger menyukai ini: