ALOR CAPTURE, BERITA

KAMPUNG TRADISIONAL TAKPALA

MTsN KALABAHI – Desa Tradisional Takpala adalah salah satu objek wisata di kabupaten alor yang terletak di atas perbukitan sekitar pesisir pantai di desa lembur barat kecamatan  Alor Tengah Utara (ATU).

Kampung takpala di huni oleh suku abui yang Sejak tahun 2012 ketuai oleh ABNER YETIMAU, dengan belasan rumah (lopo) bertiang kayu berdinding bambu dan beratap ilalang yang dibangun berbentuk limas.

suku abui adalah suku terbesar yang mendiami pulau alor, yang mana terdiri dari 3 suku utama yang yang menjadi penduduk kampung tradisional takpala, yaitu: suku marang (pimpinan ritual) suku kapitang (pimpinan perang) dan suku aweni (pimpinan kampung).

Keseharian penduduk kampung takpala ini adalah berladang dan berburu, hasilnya selain di jual dipasar juga di konsumsi sehari – hari, Disaat siang kampung ini terlihat kosong, biasanya para peria suku abui pergi berladang dan berburu ke hutan hanya beberapa wanita yang sedang sibuk mengisi waktunya dengan menenun dan membuat kerajinan tangan khas suku abui, seperti gelang dari kayu bahar, manic – manic dari batu atau kalung khas suku abui. (ZP)

About MTsN KALABAHI

salah satu sekolah di kota kalabahi kabupaten alor yang terus berbenah dan merubah diri hingga prestasi yang terbaik...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikut di Twitter

klik suka ya….

%d blogger menyukai ini: