LES PENDALAMAN MATERI UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional didepan mata, setiap sekolah sibuk mempersiapkan siswanya agar mendapat hasil yang memuaskan diujian nanti, apalagi dengan isu-isu terdengar oleh kami bahwa ujian nanti akan menggunakan 20 paket soal yang mana sangat memberatkan kami yang memiliki banyak keterbatasan.. maklum sekolah kami kan tepat berada di Indonesia timur berbatasan dengan Timor Leste… “jangan kan 20 paket, tahun lalu saja 5 paket sangat merepotkan sekali” komentar beberapa guru yang sempat terdengar oleh kami. Tapi kami beusaha untuk mengambil sisi positifnya, yang jelas ada atau tidak aturan tersebut kami harus tetep berusaha lebih keras lagi….

Untuk itu kepala MTsN Kalabahi mengambil langkah langkah yang didukung sepenuhnya oleh para guru, langkah langkah tersebut adalah :

  1. mengadakan rapat dengan semua orang tua siswa pada tanggal 11 Januari 2012 dengan keputusan sebagai berikut :
  • Karena musim hujan dan tiak semua siswa bisa datang kesekolah pada sore hari (pengalaman) maka guru yang harus mendatangi siswa, jadi les dilakukan di rumah siswa yang telah ditentukan.
    Untuk memudahkan proses pembelajaran, maka siswa dibagi menjadi 13 kelompok disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal.  Jumlah masing-masing kelompok bervariatif.
    Masing-masing kelompok ditemani oleh 1 guru asuh dan dibimbing oleh 1 guru tutor setiap pertemuan sesuai dengan jadwal.
  • Proses pembelajaran dilakukan 3 kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.  Dimulai dari pk. 15.30 s.d 17.30
  • Dalam rangka mendukung terlaksananya proses pembelajaran, maka masing-masng guru tutor diberikan uang transport sebesar Rp. 1.000.000/guru selama 4 bulan kegiatan.  (Rp. 20.000/pertemuan) dan guru asuh sebesar Rp. 300.000/guru.
    Dana DIPA yang tersedia sebesar Rp. 15.000.000,- untuk dana operasional persiapan ujian diantaranya Try Out 3X sehingga tidak bisa menanggung uang transport guru pembimbing dan guru asuh ditambah kegiatan try out, sehingga di sepakati bahwa orang tua siswa yang menanggung biaya transportasi guru pembimbing, dan sekolah menanggung transportsi guru asuh dan Try Out. sehingga masing-masing siswa dibebankan Rp. 125.000/siswa selama 4 bulan kegiatan.
  • Dana dari orang tua siswa seluruh nya (112 siswa) sebesar Rp. 14.000.000,- yang seluruhnya dialokasikan kepada guru pembimbing les pendalaman materi sebayak 13 orang.

2. Mengadakan Les Pendalaman Materi Ujian Nasional sesuai dengan hasil rapat dengan orang tua siswa (kegiatan sedang berjalan)
3. Mengadakan  try out sebanyak 3 kali, dengan gambaran sebagai berikut :Try out dilaksanakan di sekolah, dengan jadwal yang akan ditentukan.Segala anggaran yang dikeluarkan dalam kegiatan ini berasal dari dana DIPA.

Nah itulah usaha kami untuk mempersiakan siswa siswi kami menghadapi Ujian Nasional. Mudah mudahan usaha kami ini akan mendapat hasil yang maksimal, dengan harapan siswa – siswi kami lulus ujian 100%, Amin…

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s